Weekly post

  • Posted by : Lampung Indah Selasa, 09 November 2021

    Nama : Muhammad Aqil Alhafizh 

    NPM : 20312088

    Dosen : Ms. Heni Sulistiani ,M. Kom.


    TUGAS MATA KULIAH ALISIS PEMODELAN PERANGKAT LUNAK KELAS IF 20 DX


    -  Faktor Internal di sini meliputi strength (kekuatan) dan weakness (kelemahan), sedangkan faktor eksternal meliputi opportunity (peluang) dan threat (ancaman)

    -  Fungsi juga tujuan dari analisis SWOT adalah untuk menemukan aspek-aspek penting dari kekuatan, ke lemahan, peluang, dan ancaman di dalam suatu perusahaan. Dengan mengetahui empat aspek tersebut, diharapkan dapat memaksimalkan kekuatan, meminimalkan kelemahan, mengurangi ancaman, dan membangun peluang-peluang di masa depan. Penilaian SWOT bukanlah alat analisis yang mampu memberikan jalan keluar yang tepat bagi semua masalah yang ada di perusahaan. Namun, analisis SWOT adalah alat analisis yang ditujukan untuk menggambarkan situasi yang sedang dihadapi atau mungkin akan dihidupi oleh organisasi.

    -  Analisis PIECES yang dilakukan oleh perusahaan yaitu dengan mempertimbangkan beberapa hal metode analisis yang terdiri dari 6 indikator penilaian yaitu Performance, Information, Economy, Control, Eficiency, dan Service. Analisis ini merupakan cara untuk mengidentifikasi dan memecahkan permasalahan yang terjadi pada suatu sistem yang berjalan di perusahaan.

    -  Karena Analisis PIECES ini sangat penting untuk dilakukan sebelum mengembangkan sebuah sistem informasi karena dalam analisis ini biasanya akan ditemukan beberapa masalah utama maupun masalah yang bersifat gejala dari masalah utama.



    -  Analisis SWOT dan Analisis PIECES Gojek


    Gojek merupakan perusahaan yang didirikan oleh Nadiem Makarim, warga negara Indonesia lulusan Master of Business Administration dari Harvard Business School. Ide mendirikan Gojek muncul dari pengalaman pribadi Nadiem Makarim menggunakan transportasi ojek hampir setiap hari ke tempat kerjanya untuk menembus kemacetan di Jakarta.


    Strength (Kekuatan)

    Gojek sudah melekat di hati bagi masyarakat Indonesia umumnya. Gojek telah tersebar di seluruh indonesia bahkan ASIA Tengara. Produk yang dibuat oleh perusahaan Gojek memiliki standar MUI, sehingga cukup diperca oleh kalangan penggunanya. Sering mempromosikan produk dengan harga rendah tapi teteap berkualitas tujuannya untuk dapat menjangkau segala sektor ekonomi bagi konsumen khususnya dan masyarakat umumnya. Gojek selalu mengupdate dan memberikan kejutan promo melalui teknologi untuk memasarkan produknya.


    Weakness (Kelemahan)

    Disaat pergantian cuaca sistemnya penerimaan order nya kurang baik Sering mengalami gangguan server


    Opportunities (Peluang)

    Kepercayaan pengguna Gojek dengan data diri yang valid Tingkat populasi Konsumen sangat besar sehingga sangat potensial dijadikan sebagai target driver. Ekspansi pengiriman lewat online shop, untuk mengembangkan pasar dan peningkatan daya penjualan.


    Threat (ancaman)

    Banyaknya pesaing-pesaing yang keunggulan lain baik dalam bidang ke ekonomisannya maupun promo promo yang di hadirkan oleh Ojol Lain.


    Analisis Sistem Berjalan Sistem Usulan

    Perfomance Gojek mempunyai jam kerja yang sangat fleksibel. Selain itu, sistem Gojek dapat dilakukan dengan mudah kemudian masyarakat bisa tenang memesan kendaraannya dengan keamanan yang terjamin. Sistem yang dilakukan agar masyarakat tenang dalam memesan untuk kebutuhan


    Information

    Masyarakat yang ingin memesan driver Gojek harus melalui pemesan Aplikasi, jika tidak lewat Aplikasi maka pemesanan akan ditolak.



    0 komentar

  • Copyright Β© 2025 - Nisekoi - All Right Reserved

    πŸ…΅πŸ†πŸ…΄πŸ…΄ πŸ…°πŸ†πŸ†ƒπŸ…ΈπŸ…²πŸ…»πŸ…΄ Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan